Manfaat Uang Pertanggungan di Asuransi Jiwa. Ketika kita membeli sebuah produk Asuransi Jiwa, sebetulnya Uang Pertanggungan selalu mengikuti produk yang kita beli itu.

Tetapi seringkali kita kurang mengedepankan UP ini, sehingga banyak polis yang dibeli dengan premi-premi tinggi tetapi memiliki nilai UP yang sangat kecil.

Sebetulnya, apakah fungsi Uang Pertanggungan ini bagi sebuah produk asuransi yang kamu beli ?

UP ini adalah pertanggungan jiwa dari produk asuransi tersebut, jadi apabila tertanggung utama meninggal dunia, akan diberikan sejumlah uang dari Perusahaan Asuransi yang akan diberikan kepada ahli waris.

Manfaat Uang Pertanggungan

Uang ini sebetulnya bukan untuk mengganti jiwa kita yang hilang, tetapi adalah untuk menggantikan Nilai Ekonomi dari kamu yang hilang, karena kamu meninggal dunia.

Yang dapat diganti oleh sebuah Uang Pertanggungan adalah

  1. Melunasi hutang
  2. Warisan
  3. Pembayar Pajak
  4. Perlindungan Key Person Insurance
  5. Business Succession Protection
  6. Pengganti Penghasilan

Baca : Asuransi Jiwa dengan variasi Asuransi Kecelakaan yang keren

1.Melunasi Hutang
Ketika kamu masih hidup, dan memiliki hutang, mungkin tidak terlalu masalah kamu menjalaninya. Tetapi bagaimana seandainya kamu meninggal dunia, apakah keluarga tetap bisa mencicil hutang-hutang itu.

Ingat : Hutang itu ada jangka panjang dan jangka pendek, tetapi apabila kamu meninggal dunia, maka hutang itu akan menjadi jatuh tempo, karena perjanjian hukumnya jadi tidak berlaku, sehingga harus dibayar segera.

Dengan Uang Pertanggungan keluarga akan dapat melunasi hutang-hutang yang kamu miliki.

2.Warisan
Seringkali warisan menjadi biang perpecahan sebuah keluarga. Bayangkan kalau semua warisan kita berupa aset tanah. Yang mendapat lokasi strategis tentunya nggak masalah, bagaimana yang mendapat tempat nggak strategis? Mau dijual dulu pun tentunya nggak bisa cepat, kalau mau cepat-cepat harganya pasti jatuh.

3. Pembayar Pajak
Bayangkan, seseorang mendapat sebuah warisan rumah didaerah mahal. Ketika akan menjual, pajaknya harus dibayar dulu, pajak balik nama ke ahi waris dan pajak penjualan. Jaman sekarang banyak pembeli yang sudah nggak mau menanggung pajak-pajak ini, tentunya ini akan sangat merepotkan.

Jadi ketika kamu meninggal, keluarga punya uang buat balik nama aset tersebut sebelum menjualnya.

4.Perlindungan Key Person Insurance
Ketika sebuah perusahaan memiliki seorang ahli yang menguasai semua hal didalam perusahaan tersebut, bayangkan apabila orang kunci itu meninggal dunia, tentunya bisa membuat sebuah perusahaan menjadi rugi.

Mungkin untuk mengganti orang itu memerlukan dana yang besar, mulai dari membayar Head Hunter, melatih orang pengganti yang bisa saja nggak bisa di handle oleh satu orang.

Dengan Uang Pertanggungan maka perusahaan memiliki uang yang besar untuk membiaya itu semua.

5.Business Succesion Protection
Apabila kamu bekerja sama medirikan sebuah perusahaan dengan orang lain. Tahu-tahu partner kita meninggal dunia, sementara keluarga pengganti belum tentu dapat bekerja sama dengan baik. Sementara untuk membeli saham dia, belum tentu perusahaan atau kita memiliki uang untuk membelinya.

Dengan Uang Pertanggungan, maka perusahaan akan memiliki uang untuk dapat membeli saham partner kita itu.

Baca : Asuransi Jiwa dengan perlindungan sampai 10 Milyar tanpa Medical

6.Pengganti Penghasilan
Bayangkan seandainya kamu menghasilkan penghasilan kepada keluarga kamu sebesar 10 juta per bulan. Ketika kamu meninggal dunia tentunya penghasilan ini akan hilang.

Dengan Uang Pertanggungan, ahli waris dapat memiliki pengganti penghasilan buat melanjukan kehidupannya. (Cara menghitung akan diberikan dalam artike terpisah).

Demikian gambaran manfaat Uang Pertanggungan yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

 

 

× Perlu bantuan?